Mau tahu alasan Honda membenturkan design mereka dengan design kompetitor..?? Baca ini sob..!!

Sobat gearbalap.. Menarik sekali ketika melihat trend design sepeda motor yang semakin mirip satu sama lain ! Mirip dalam artian mempunyai garis design yang sama.. misalnya saja antara Jupiter Z1 vs Honda Blade, Mio M3 vs Honda Beat, new Vixion Advance vs new CB150R, dan yang terbaru Yamaha R15 vs new CBR 150. Yup semua motor diatas pada awalnya mempunyai garis design yang sangat berbeda.. namun kini bak pinang di belah dua.. tidak sama namun bedanya tipis sob !


Nah artikel ini akan mencoba melihat dan menganalisa penyebab dari fenomena design motor yang semakin mirip, yang menurut gearbalap di sebabkan oleh pemilihan strategi amati tiru dan modifikasi design milik kompetitor !
Pembahasan akan kita batasi kepada dua pabrikan Honda dan Yamaha karena saat ini merekalah pemegang market share terbesar di Indonesia sekaligus rival kuat di industri roda dua tanah air...

Ok sekarang gearbalap akan melihat dari sisi honda terlebih dahulu.. Sobat tentu heran kenapa sebuah perusahaan yang menguasai market sampai 78 % memilih strategi amati tiru dan modifikasi yang identik dengan stigma follower..? Bukankah dengan menguasai market share mereka dapat menentukan arah design yang ada di pasaran ! Namun kenyataannya banyak design sepeda motor Honda yang di benturkan keras dengan design milik kompetitor..

Sebenarnya apa yang ada dalam pikiran honda..? Apakah mereka tidak bisa membuat design dengan ciri khas Honda..? Apa mereka tidak takut di cap sebagai follower..?
Tidak sob mereka sangat mampu membuat design dengan cita rasa Honda.. Dan stigma follower..! nanti kita bahas di artikel lain deh.. sekarang kita fokus dulu kepada alasan di balik pemilihan strategi tersebut..

Hmm.. gearbalap merasa bahwa bukan tanpa alasan kuat Honda memilih strategi tersebut.. Terlihat jelas bahwa Honda ingin menyudutkan dan membatasi ruang gerak Yamaha hingga ke titik dimana Yamaha tidak bisa kemana-mana lagi. Dalam artian ketika semua sudah sama maka perbedaan yang ada tinggal di brand atau merek saja, dan jika itu terjadi sudah jelas Honda akan memenangkan pertarungan karena untuk saat ini posisi sebagai penguasa market share mencapai 78% mencerminkan betapa kuatnya brand Honda di masyarakat kita !


Dari pembahasan di atas terlihat bahwa Honda ingin menghabisi Yamaha di semua segmen baik bebek, matic ataupun sport ! Tidak percayaa.. lihat saja sob untuk segmen yang belum ada dalam genggaman, honda sangat bernafsu untuk secepat mungkin menguasainya... Sejarah mencatat bahwa Kini Honda Blade seirama dengan Jupiter Z1 lalu CB 150 R berevolusi menyerupai Vixion, CBR 150 terbarupun punya buritan layaknya R15..

Dan kedepannya di setiap segmen dimana ada produk Yamaha maka di pastikan Honda akan mengeluarkan jagoannya untuk bertarung secara head to head.. Sudah bukan rahasia lagi bahwa honda akan segera merelease bebek super Supra X150 untuk menemani MX King.. dan rumor Honda Forza untuk menghantam Yamaha N-Max..

Artinya di masa datang kita masih akan melihat strategi amati tiru dan modifikasi di lakukan oleh Honda.. dan selama Yamaha masih bisa berkelit dari sergapan, maka di sinyalir kita akan sering melihat motor beda pabrikan namun seolah satu pabrikan he he he..

Next gearbalap akan kupas dari sisi pabrikan Yamaha tentang apa yang harus dilakukan untuk memenangkan pertarungan.. ketika berhadapan dengan penguasa market share !

Sampai jumpa di artikel selanjutnya sob...

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Mau tahu alasan Honda membenturkan design mereka dengan design kompetitor..?? Baca ini sob..!!"

  1. strategi yang 'njelehi'...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.. tetapi mematikan dan susah di hadapi...

      Delete
  2. untuk kasus Honda Beat vs. Yamaha Mio M3 yg terjadi adalah sebaliknya. Yamaha Mio M3 lah yg 'meniru' desain Honda Beat dengan harapan bisa menarik minat sebagian konsumen Honda Beat (yg jumlahnya ratusan ribuan per bulan) untuk beralih ke Mio M3.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup langkah yang beresiko dari Yamaha.. coz sisi diferensiasinya ilang..

      Delete