Modifikasi semau gue memang nyebelin sob.. Jangan di tiru yaa...!


Sobat gearbalap... Setiap biker pastilah ingin motor kesayangannya terlihat keren dan berbeda dari motor lainnya.. Dan untuk mewujudkannya caranya macem2 sob.. dari pasang skotlet, stiker ataupun merubah tampilan motor dengan mengganti bagian2 orisinil motor..!

Seperti motor Yamaha Mio J berikut.. Sekilas motor tampak biasa saja namun jika di cermati ternyata lampu headlamp nya ilang sob..! Hadeuh cuma bisa geleng2 kepala melihat modifikasi seperti ini.. Asli ini sih bakalan nyusahin diri sendiri dan membahayakan orang lain sob..
Problem akan muncul ketika motor dipakai di malam hari, tanpa lampu pastinya kondisi jalan tidak terlihat dan akan membahayakan pengendara lain karena posisi motor menjadi tidak terdeteksi.. sehingga rawan terjadi kecelakaan!

Nah yang jadi pertanyaan adalah kenapa mereka tetap keukeuh memodifikasi jika memang tahu resiko dan bahayanya..? Hmm.. Di sinyalir demi seni dan kepuasan batin sob..! Jika mereka di tanya apa tidak takut jatuh karena gelap atau tertabrak motor lain.. Maka pasti di jawab: "saya jalanya pelan2 dan hafal jalan mas.. lagipula saya jalannya di pinggir kok.. Insya Allah aman..!"

Ooo.. sudah di antisipasi rupanya.. cuma ya nggak gitu juga kalee! Kenyataannya kita sering di bikin terkaget-kaget ketika berpapasan dengan motor seperti ini. Tidak adanya Lampu yang sejatinya sebagai locater membuat kita tidak sadar bahwa ada sebuah motor di depan kita dan itu sangat berbahaya sob..!
Ngeselin memang.. tetapi itulah potret umum di masyarakat betapa safety bukanlah prioritas utama! Memodifikasi motor pada dasarnya adalah sebuah bentuk aktualisasi diri dan itu sah2 saja dilakukan.. sepanjang tidak merugikan dan membahayakan diri sendiri ataupun orang lain..


Janganlah bersikap egois, pikirkan juga perasaan orang lain.. Tidak boleh kita berpikir seperti ini..
" Ini motor gue, beli pakai duit sendiri.. mau gue apain ya terserah gue lah! Apa masalahnya ama lo.. kenal situ juga kagak.. Ha haha.."

Ingat sob modifikasi motor juga ada aturannya kok.. sesuai pasal 52 UU no 9 tahun 2009 :

1. Modifikasi Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (1) dapat berupa modifikasi dimensi, mesin, dan kemampuan daya angkut.
2. Modifikasi Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak boleh membahayakan keselamatan berlalu lintas, mengganggu arus lalu lintas, serta merusak lapis perkerasan/daya dukung jalan yang dilalui.
3. Setiap Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi sehingga mengubah persyaratan konstruksi dan material wajib dilakukan uji tipe ulang.
4. Bagi Kendaraan Bermotor yang telah diuji tipe ulang sebagaimana dimaksud pada ayat (3), harus dilakukan registrasi dan identifikasi ulang.

Dan Yamaha Mio J diatas melanggar yang no 2 sob..
Last mari lindungi keluarga kita dari hal2 konyol yang dapat membahayakan mereka..

Semoga berguna..

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Modifikasi semau gue memang nyebelin sob.. Jangan di tiru yaa...!"

  1. jeMUrane keri om...

    Bikin Action Cam cuma 100rbuan
    http://www.motorku.id/2016/06/bikin-sendiri-action-cam-modal-100rb-an.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha haha.. podo2 tukang njemur, Monggo silahkan..

      Delete