Moto3.. Mesin Prototype kelas capung di ajang MotoGP..!!


Sobat gearbalap... Apa khabar.. semoga sehat dan slalu gembiraaa yaaa...
MotoGP.. Hmm.. pasti sobat pernah mendengar kata tersebut khan... Yup apalagi bagi penikmat balapan.. pasti kenal dengan ajang balap motor prototype paling bergengsi tersebut..
Motogp sendiri terdiri dari 3 kelas yaitu kelas motogp, moto2.. dan moto3..
Namun.. untuk saat ini kita akan fokus ke kelas moto3 saja sob..!! Tentang apa sih moto3 ituu.., motor apa sih yang dipakai.., berapa cc  dan siapa saja sih rider2 nya.. Belom tau khan.. Ok lanjuuut..
 
Jadi gini sob moto3 adalah kelas terkecil di ajang motogp dulu moto3 disebut kelas 125cc karena memakai mesin berkubikasi 125cc 2 langkah..!! Namun sejak tahun 2012 sampai saat ini moto3 memakai mesin 4 tak dohc 250 cc 1 silinder dan rpm mesin max 14000 rpm.. dengan bobot max 65 kg... Uentenge sob sob...
 
Sudah jelas ya soobb.. sudah tau yaa kalo sekarang mesin yang dipakai adalah 250cc saja.. tetapi uniknya walau CC-nya lebih kecil dari moto2 tetapi dari segi biaya moto3 jauh lebih mahal dibanding moto2 sob..
Hampir 2x lipatnya lhoo.. Karena pada dasarnya moto3 adalah versi mini dari motogp semua bersifat " prototype "
 
Bahkan Ada yang bilang kalau harga satu unit motor moto3 yang kompetitif mencapai 400rb euro (7 miliar rupiah) sedangkan di moto2 hanya 200rb euro atau sekitar 3,5 miliar saja.. Hmm separonya sob..!! he he he cuma bias geleng2 kepala sob..
 
Lalu saat ini siapa saja sih rider2 yang membalap di moto3 dan bergabung dengan team apa saja mereka...?? Ha haha pasti banyak yang tidak tau karena memang jarang di ulas dan jarang di siarkan secara live sob.. cekidot deh daftar di bawah ini sob...

Berikut Rider Moto3 2016:
4 Fabio Di Giannantonio    ITA Gresini Racing Moto3 (Honda)
5 Romano Fenati    ITA Sky Racing Team VR46 (KTM)
6 Maria Herrera    SPA Team Laglisse (KTM)
7 Adam Norrodin    MAL Drive M7 Sic Racing Team (Honda)
8 Nicolo Bulega    ITA Sky Racing Team VR46 (KTM)
9 Jorge Navarro    SPA Estrella Galicia 0,0 (Honda)
10 Alexis Masbou    FRA Saxoprint RTG (Peugeot)
11 Livio Loi    BEL RW Racing GP BV (Honda)
16 Andrea Migno    ITA Sky Racing Team VR46 (KTM)
17 John McPhee    GBR Saxoprint RTG (Peugeot)
19 Gabriel Rodrigo    ARG RBA Racing Team (KTM)
20 Fabio Quartararo    FRA Leopard Racing (KTM)
21 Francesco Bagnaia    ITA Mapfre Team Mahindra (Mahindra)
23 Niccolo Antonelli    ITA Ongetta-Rivacold (Honda)
24 Tatsuki Suzuki    JPN CIP (Mahindra)
29 Stefano Manzi    ITA MTA Team Italia (Mahindra)
33 Enea Bastianini    ITA Gresini Racing Moto3 (Honda)
36 Joan Mir    SPA Leopard Racing (KTM)
40 Darryn Binder    RSA Outox Reset Drink Team (Mahindra)
41 Brad Binder    RSA Red Bull KTM Ajo (KTM)
43 Stefano Valtulini    ITA MTA Team Italia (Mahindra)
44 Aron Canet    SPA Estrella Galicia 0,0 (Honda)
48 Lorenzo Dalla Porta    ITA Team Laglisse (KTM)
55 Andrea Locatelli    ITA Leopard Racing (KTM)
58 Juanfran Guevara    SPA RBA Racing Team (KTM)
64 Bo Bendsneyder    NED Red Bull KTM Ajo (KTM)
65 Philipp Oettl    GER Schedl GP Racing (KTM)
76 Hiroki Ono    JPN Honda Team Asia (Honda)
84 Jakub Kornfeil    CZE Drive M7 Sic Racing Team (Honda)
88 Jorge Martin    SPA Mapfre Team Mahindra (Mahindra)
89 Khairul Idham Pawi    MAL Honda Team Asia (Honda)
92 Martin Vanhaeren    BEL CIP (Mahindra)
95 Jules Danilo    FRA Ongetta-Rivacold (Honda)
 
Hayoo jujur apakah ada rider moto3 yang sobat kenal..??
Ha haha ngga usah di jawab sob... gearbalap maklum kok.. He hehe.. btw ada ungkapan tak kenal maka tak sayang.. biarpun agak terlambat tapi ngga papa yaaa..


Ok sebenarnya musim 2016 ini moto3 telah memperoleh juaranya dan doi adalah Brad Binder pembalap asal Afrika Selatan yang bergabung dengan team Red Bull KTM Ajo.
Selamat buat Brad Binder atas prestasinya dan musim depan doi akan naik kelas ke moto2 bertandem dengan Miguel Oliviera bersama KTM Team...!! lain kali kita bahas mereka lebih dalam lagi sob...
 
Last artikel ini hanya artikel pembuka dari artikel bertema moto3 dan kedepan akan kita kupas lebih dalam tentang moto3.. moto2..!! Rider, team, persaingan dan apapun yang berkaitan dengan kelas2 tersebut...

 
Ok, see you in next article & keep safety riding sob...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Moto3.. Mesin Prototype kelas capung di ajang MotoGP..!!"

Post a Comment