Memahami Konsep Value dari Sisi Pabrikan.. Ternyata Berlawanan Dengan Konsep Value Konsumen...!!!


Sobat gearbalap apa khabarr... semoga sehat dan bahagia bersama orang tercinta yaa..?
Sob persaingan antar pabrikan motor di Indonesia memang sangat ketat.. Semua seolah ingin memberikan yang terbaik bagi konsumen.! Namun pada kenyataannya adalah.. apakah selama ini para pabrikan tersebut sudah memberikan yang terbaik...?

Hmm.. pertanyaan ini timbul setelah gearbalap mengikuti semacam evaluasi dan presentasi yang pembicaranya adalah presiden direktur yang membawahi sebuah perusahaan multinasional.. Topiknya sendiri tentang pencapaian target dan tantangan yang dihadapi untuk mencapai target tersebut...

Jadi gini sob menurut Mr.Schwein tujuan utama dari sebuah kegiatan usaha adalah memperoleh profit semaksimal mungkin..! Nah menurut beliau ada 2 cara untuk mewujudkan hal itu yaitu..
1. Konsumen harus membayar lebih besar terhadap produk yang di jual.
2. Mengurangi biaya produksi sebesar mungkin.

Simpel banget yaa... he hehe.. gearbalap ketawa ngekek ketika mendengar 2cara di atas.. Terutama yang no 1 sob, Hadeuh ada-ada saja si boss.. semua juga tau kalee...!
Namun jadi menarik ketika beliau bertanya.. Gimana caranya supaya konsumen mau membayar lebih mahal terhadap produk yang kita jual dan mereka tidak komplain dengan hal ini..?
Yup kita harus menjual produk kita di tempat yang memiliki value tertinggi.. Misalnya saja harga semangkuk bakso di hotel pasti akan jauh lebih mahal daripada yang di gerobak dorong.. padahal cost produksinya sama lhoo.. Nah sudah kebayang maksud Mr.Scwein yaa..!


Hal yang sama pasti dilakukan juga oleh pabrikan motor sob.. Mereka ingin Untung sebesar mungkin..! Mangkanya ada kelas entry level.. medium level.. dan premium level..
Pointnya adalaaah.. mungkinkah selama ini mereka menjual motor ke kita (terutama sport) di level profit kelas hotel bintang lima..?? Bisa jadi profit sebuah motor sport tarohlah 150cc adalah 2x atau malah 3x lipat dari sebuah matic 110cc... Who knows...??

Soalnya penasaran azza ngliat trend motor sport 150cc yang makin full fitur tapi harga masih bersaing dengan yang minim fitur.. atau fitur mirip tapi harga beda jauuhh.. he hehe..
Nah jika berkaca dari 3 pabrikan Honda, Yamaha dan Suzuki.. sobat pasti sudah bisa menilai dong pabrikan mana yang paling sukses dalam menempatkan produknya di tempat dengan value profit tertinggi..?

Ok next artikel kita bahas poin yang kedua yaa... biar ngga kepanjangan.. Cape ngetike sob ha haha...


See you again & always safety riding sobb...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memahami Konsep Value dari Sisi Pabrikan.. Ternyata Berlawanan Dengan Konsep Value Konsumen...!!!"

Post a Comment