Radiator CBR250RR Tidak Terisi Coolant.. Apakah Salah QC nya...?


Sobat gearbalap apa khabarr... semoga sehat.. awet muda dan semangat terus yaa...
Sob, jiann di dunia ini memang ngga ada yang sempurna.. Meski sudah di minimase sedemikian rupa.. Masih ada aja produk defectc aka produk offspek yang lolos ke tangan konsumen..!! 
Yup artikel dari rekan blogger munifmotoblog tentang all new  CBR250RR yang klupaan tidak di isi air radiator oleh pabrikan cukup ngagetin dan bikin kepo sob... Itu QC nya ngapain azza..?? Tidur kalee...!!

Tapi sebelum kita memaki-maki QC nya.. Yuk kita coba ngerti tugas dan tanggung jawab seorang QC itu apa seeh..? Hmm.. Menjaga produk agar tidak offspek adalah pekerjaan gearbalap tiap hari... Jadi yaa gearbalap nggak asing dengan hal-hal beginian..

Nah sebagai seorang QC.. memastikan 100% produk inspek terkirim ke customer adalah target utama QC.. Namun dalam prakteknya hal itu mustahil di lakukan..!! Oleh karena itu biasanya ada target sekunder yang bisa di realisasikan.. Misalnya saja menemukan cacat produk dan memberi feedback ke departemen produksi min 2x dalam 3bulan... atau bisa juga dalam 1 tahun komplain terkait kualitas dari customer Max 2x... Dan jika target tersebut tercapai boleh dibilang QC telah melakukan tugasnya dengan baik..! Even ada produk jelek yang terkirim ke konsumen...


Nah pertanyaannya adalah.. bagaimana jika ada barang reject yang sampai ke tangan konsumen..? Naah sebenere ini bisa di jadikan indikator penilaian terhadap sebuah produsen.. Produsen yang baik pasti bertanggung jawab terhadap produk yang di pakai customernya..! Oleh karena itu makanya ada istilah " garansi " khann..? Jadi sobat dapat melayangkan komplain ke pihak produsen produk tersebut..
Dari komplain inilah biasanya evaluasi dan investigasi terhadap departemen QC di lakukan.. Entah orangnya, sistem kerja, jam kerja etc.. Jadi jangan takut komplain sob..!! Pasti ada followup nya kok..

Back to kasus air radiator CBR250RR yang lupa tidak terisi.. Meski dan semoga saja kasuistik aka sedikit jumlahnya.. yaa tetap saja hal itu salah sob.. hanya saja menjamin 100% produk inspek juga mustahil.. Trust me dah he hehe.. so lihat dulu seberapa banyak komplain dari konsumen, jika banyak yaa memang perlu di maki-maki QC nya he hehe..

Semoga sudah paham yaa.. bagaimana quality control bekerja dan bagaimana produsen bertindak ketika ada barang offspek yang terkirim ke konsumen...!

See you again & always safety riding sobb...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Radiator CBR250RR Tidak Terisi Coolant.. Apakah Salah QC nya...?"

Post a Comment