Akar Masalah Upping Price.. Mentalitas Dealer, Sales dan Kapasitas Produksi...!!!


Sobat gearbalap apa khabarr... semoga sehat bersama keluarga tercinta yaa..
Sob topik hari ini masih seputar upping price.. dan bintangnya masih Yamaha yaa.. he hehe.. Hmm.. Sebenarnya issue upping price adalah lagu lama yang selalu terulang ketika ada hot item yang di release  atau saat jumlah permintaan melebihi stock yang tersedia...! Yaach.. Mirip dengan situasi Yamaha Aerox155 saat ini..

Jujur saja gearbalap sudah lama pakai motor Yamaha, namun belum pernah ngalamin yang namanya upping price.. Dulu saat beli Jupiter Z tahun 2005 cash gampang banget dan bayar sesuai harga dealer, cuman harus nunggu 2minggu untuk warna yang diinginkan namun tidak dapet cashback.. Karena kalo beli cash untungnya kecil kata salesnya he hehe.. Dan bayarnya juga saat serah terima motor..!!
Begitu juga saat beli Jupiter Z1 tahun 2012 lalu.. mau cash juga bisa dan di layani meski ahirnya pilih kredit ha haha...

Dari pengalaman pribadi tersebut dan banyaknya keluhan upping price yang bermunculan.. Upping price rawan terjadi di produk yang laris namun tidak di imbangi dengan suplai yang cukup.. Akhirnya konsumen terpaksa inden.. Di sini mental dan kedisiplinan dealer beserta sales di uji.. Bisakah tetap mengikuti SOP harga jual dari pusat..? 
Sebab di titik ini timbul kesempatan memperoleh uang lebih dengan memanfaatkan psikologis konsumen yang sudah ngebet ingin meminang motor idaman..!


Naah di sini sudah jelas sumber masalahnya yaa..? So solusinya juga jelas yaitu :
1. Dealer harus ready stock.. 
Tidak boleh ada inden terjadi, kalau perlu motor sudah ada di dealer sebelum release.. Planing waktu release produk baru dengan waktu distribusi agar tidak terlalu lama..
2. Reward & punishment terhadap dealer dan sales nakal
Buat sistem di mana Pabrikan memiliki wewenang yang mutlak khususnya dalam punishment ketika ada dealer dan sales terbukti upping price
3. Tim khusus yang menangani aduan dan komplain konsumen terkait pembelian motor
Yaah mirip2 dengan team SWAT Honda gitu loohh.. Mereka bertugas memverifikasi aduan sekaligus mengawasi dengan ketat terkait tingkah polah dealer dan salesnya..

Last Yamaha sudah pernah melakukan poin 1 kalau tak salah saat jaman Mio J atau apa yaa..? gearbalap agak lupa.. Yup saat itu motor sudah di distribusi ke dealer meski belum di release resmi.. Sedang poin 2 dan 3 entahlah.. hanya Yamaha yang tahu..!
So euforia Aerox155 harus di antisipasi.. Yamaha harus segera ngebut dalam produksi dan distribusi jika tak ingin kasus upping price nongol bak jerawat yang merusak penampilan..
Setuju ngga sob..??

Maturnuwun sudah baca & tetep safety riding yaa..



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akar Masalah Upping Price.. Mentalitas Dealer, Sales dan Kapasitas Produksi...!!!"

Post a Comment