Sungkeman... Ritual Asyik Yang Tidak Di Temui di Ibu Kota..


Sobat gearbalap apa khabarr.. semoga sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT yaa... Sob lebaran aka idul Fitri.. bagi gearbalap adalah momen menyenangkan sangat menyenangkan malahh.. Waktu kecil jika mendengar kata lebaran pasti langsung kebayang baju baru.. amplop.. kue.. sama sungkeman...!! Dan saat itu baju baru + amplop adalah yang paling di nanti he hehe..

Tapii.. itu duluuu... kalo sekarang yaa udah ngga gitu kalee.. Saat ini justru sungkeman adalah yang paling gearbalap nantikan..! Karena apaa.. Sungkeman adalah wujud rasa hormat yang di balas kasih sayang antara yang berusia muda dan yang berusia lebih tua.. Yup momen saling meminta dan memberi maaf plus doa tulus di ahir.. Indah sekali bukan..!!

Mangkanya jangan heran kenapa mudik saat lebaran menjadi wajib bagi sebagian orang.. Yaa karena sungkeman tidak ditemui di kota besar macam Jakarta sobb..! Di sini meminta maaf bisa dilakukan di jalan atau depan rumah sekedar untuk menggugurkan kewajiban..
So tak heran jika lebaran jadi kurang bermakna coz tak ada unsur khidmat di sana.. semua terasa sekedar basa-basi sajaa..

Last beruntunglah gearbalap memiliki keluarga dan kampung halaman.. Jadi bisa merasakan dan membedakan perbedaan lebaran di kota besar dengan di kampung sana..! Dan dari situ spirit sungkeman bisa gearbalap ajarkan kepada anak-anak.. Tapi saat ini mereka keliatannya lebih tertarik ke amplop dan baju baru daripada sungkeman... He hehe..

O iyaa.. tetep pantengin blog ini yaa karena next artikel akan berisi seru dan asyiknya jalan-jalan gearbalap di kampung..

Maturnuwun sudah baca & tetep safety riding..!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sungkeman... Ritual Asyik Yang Tidak Di Temui di Ibu Kota.."

Post a Comment